5 Langkah Wajib Dalam Merawat Kepala Botak



Tentu memiliki kepala botak sama saja dengan memiliki rambut biasa, baik pendek maupun panjang. Sama-sama butuh perawatan. Ini disampaikan oleh seseorang yang bernama John T. Capps.

John mengatakan kepada Huffingtonpost agar pemilik kepala botak harus merawat kulit kepala dengan lebih baik, karena tidak ada rambut yang tumbuh untuk melindungi kepala dari apapun. Ruam di kepala, luka bakar, dan jerawat semuanya adalah masalah sampingan yang dihadapi pria setelah mengalami kebotakan pada kepalanya.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, John menyarankan agar kamu menggunakan sabun dan shampo yang berkualitas untuk perlindungan yang lebih baik untuk kepala kamu.

Untuk merawat kepala kamu yang botak, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawatnya.


Tetaplah menggunakan shampo


Sama seperti John, David Alexander, ahli perawatan rambut pria mengatakan dalam tulisannya di menshair.about.com bahwa orang botak juga perlu menggunakan shampo. Kenapa?

“Shampo, bahkan untuk kepala botak, bisa menghilangkan kotoran dan minyak yang ada di kulit kepala dan membuatnya jadi lebih sehat. jangan lupa memijat kepala saat keramas akan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke kulit kepala kamu, jadi menggunakan shamoo untuk kepala masih penting. Selain itu, keramas sebelum mencukur rambut-rambut kecil akan membuat cukuran lebih mudah,” tutur salah satu tukang cukur ternama di Hollywood ini.

Ruth Brush, manajer salon Great Clips, Kansas, Amerika Serikat seperti dilansir menyarankan untuk terus menggunakan shampo untuk merawat kulit kepala kamu tetap sehat.

“Kulit kepala kamu berbeda dari kulit lainnya di tubuh kamu dan ia butuh penanganan khusus. Gunakan shampo pria untuk merawatnya, menjaganya tetap bersih, dan juga lembap,” saran Ruth.

Bercukurlah setiap selesai mandi


Doris Day, M.D., ahli ilmu penyakit kulit dari Lenox Hill Hospital di New York, Amerika Serikat, mengatakan kepada WebMD bahwa waktu terbaik untuk mencukur rambut di kepala kamu yang botak adalah tepat setelah mandi, karena kulit kepala akan lebih halus dan lembut.

“Cukurlah di depan kaca, khususnya bila kamu seorang pemula. Mulailah di area yang bisa kamu lihat dan mudah untuk dicukur, seperti di bagian depan atau samping. Kulit kepala kamu akan memiliki lengkungan dan benjolan yang mungkin tidak membuat kamu nyaman saat mencukur, dan di beberapa bagian yang tidak bisa kamu lihat,” saran Doris.

Jangan lupa jaga kelembapan kulit kepala kamu


Agar tetap sehat, kulit kepala kamu harus tetap lembap. kamu bisa melembapkan kulit kepala kamu setelah bercukur. Kelembapan tersebut bisa membuat kepala kamu terhindar dari risiko iritasi yang bisa kamu dapatkan setiap bercukur.

Untuk menghadapi paparan cahaya matahari yang dapat membuat kulit kepala kamu kering, David menyarankan untuk mengoleskan pelembap setiap pagi hari.

“Menggunakan pelembap adalah satu langkah yang paling sering dilupakan pria setelah bercukur. Itu adalah langkah penting untuk menjaga kulit kepala kamu terlihat segar dan sehat,” tuturnya.

Tetap buat kulit kepala Anda terhidrasi


Selain menjaga kelembapan kulit kepala, kamu juga harus tetap membuatnya terhidrasi dengan baik. Melanie T. dari salon Best Cuts, Eastlake, Ohio, Amerika Serikat menyarankan untuk menggunakan minyak tertentu, seperti minyka jojoba, minyak kelapa, ataupun tea-tree oil.

“Gunakan losion atau minyak untuk menjaga kulit kepala kamu tetap terhidrasi, khususnya bila kamu tinggal di daerah yang dingin, ketika semua kulit Anda menjadi kering,” sarannya.

Pakai topi atau gunakan tabir surya saat bepergian


Ketika kamu bepergian atau berada di luar rumah, jangan lupa untuk melindungi kulit kepala kamu dari sinar matahari. kamu bisa menggunakan tabir surya maupun sunblock dengan SPF 30 setiap hari atau kamu juga bisa memakai topi.

.
.

Sekian dari kami Tips Hidup Sehat semoga artikel kami ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa juga kunjungi artikel kami yang lain yang ada DI SINI.

0 komentar

Posting Komentar