9 Cara Mengobati Mata Merah Dan Belekan Secara Alami



Sakit mata merah atau belekan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti iritasi, infeksi, debu atau bahkan luka. Yang penting kamu jangan sampai kamu menguceknya mata di karenakan malah tambah parah bisa saja jadi luka.

Tapi ingat juga, kalau dalam beberapa hari tidak sembuh-sembuh juga, kamu jangan ragu untuk segera memeriksanya ke Dokter, siapa tahu saja penyakit pada mata kamu sudah terlanjur parah. Dan pengobatan mata secara alami dianggap sudah tidak bisa lagi untuk mengatasinya. Kami telah merangkum cara mengobati mata merah dan belekan secara alami dan tentunya aman bagi kamu.

Daun Sirih


Selain bawang putih juga masih ada daun sirih yang sama bisa digunakan untuk mengobati sakit mata secara alami, tentunya dengan mengolahannya secara benar dan tepat. Caranya cukup mudah yaitu gunakan tiga lembar daun sirih dan cuci terlebih dahulu. Rebus daun sirih dengan air sampai mendidih, kemudian angkat air daun sirih dan dinginkan. Jika sudah terasa dingin, saring air rebusan menggunakan saringan teh untuk mengambil sari air yang jernih. 

Selanjutnya kamu tinggal menggunakan air rendaman daun sirih yang sudah disaring untuk membasuh area mata yang sakit. Alternatif lainnya menggunakan obat alami ini adalah dengan meneteskannya pada mata kamu seperti menggunakan obat tetes mata. Heem lumayan rasanya perih bener seperti diputusin pacar hahahaa. Dan jangan terlalu berlebihan pada saat memakainya minimal 1 hari itu 3 sampai 5 pemakaian. 

Pengobatan Alami dengan Bawang Putih


Bawang putih memang banyak fungsinya, bukan hanya untuk bumbu masakan tetapi juga sebagai untuk obat herbal berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sakit mata. Menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit mata sebenarnya cukup mudah dan simpel namun diperlukan kehati-hatian yang sangat exstra. 

Cuci dahulu bawang putih agar bersih dan keringkan. Kemudian gunakan handuk yang lembut dan bersih agar bawang putih yang dicuci tetap higienis (terjaga kebersihannya). Potong ujung bawang putih dan oleskan bawang putih yang sudah dipotong tersebut pada daerah kelopak mata bawah. Untuk wanita yang sering menggunakan eyeliner, kurang lebih caranya hampir sama. 

Selanjutnya setelah didiamkan, kamupun akan merasakan perih pada mata kamu hingga sampai mengeluarkan air mata. Jika sudah keluar air, oleskan kembali dengan cara yang sama, ingat jangan sampai terlalu berlebihan cukup 2 kali olesan saja. Karena cara mengobati sakit mata merah dan belekan ini dapat menimbulkan rasa perih dan cukup mengganggu, ada baiknya lakukan saat kamu hendak tidur agar aktivitas harian kamu tidak jadi terhambat.

Kompres Mata dengan Air Hangat


Mengompres mata dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit mata dan belekan dengan mudah dan sederhana. Cukup kompres area yang sakit dengan air hangat untuk menenangkan area tersebut serta mengurangi rasa sakitnya. 

Seperti biasa mata kamu itu harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dikompres menggunakan air hangat. Cara ini mungkin hanya berfungsi untuk menenangkan dan mengurangi peradangan pada mata kamu, jadi kamu masih harus menggunakan obat lain sembari sesekali mengompres mata kamu saat dibutuhkan.

Air Mawar


Jika kamu memiliki tanaman bunga mawar di rumah, manfaatkan bunga tersebut untuk menyembuhkan sakit mata kamu. Masukkan bunga mawar ke dalam air yang bersih dan sambil di bersihkan lalu teteskan air mamar itu ke mata kamu. Cara mengobati sakit mata merah dan belekan ini bisa dilakukan tiga kali dalam sehari. Cara ini sangat sederhana dan mudah dilakukan selama persediaan bunga mawar ada di rumah kamu. Dan tentunya gak diomelin sama emak kamu.

Mengurangi Penggunaan Obat Tetes Mata


Saat mata kamu merah dan gatal, selalu obat tetes mata dianggap menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi gejala tersebut. Namun akan tetapi penggunaan obat tetes mata ternyata tidak baik untuk kesehatan mata kamu jika dilakukan terlalu sering dan berlebihan. Jika ingin menggunakan obat tetes mata pastikan untuk mendapatkan resep dari dokter secara langsung dan tentunya lebih aman. 

Terus jika kamu ingin memilih obat mata jangan lupa hindari memilih obat mata yang mengandung antibiotic, kortikosteroid atau pemutih secara sembarangan. Lebih baik pergi ke dokter dan tanyakan obat yang tepat dan tentunya aman. Pemakaian obat secara sembarangan tanpa resep dan berlangsung lama serta terus menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan mata kamu seperti gangguan, radang, dan kebutaan mata bisa saja terjadi kapan saja. 

Oleh karena itu berhati-hatilah dalam penggunaannya. Lain halnya dengan menggunakan bahan alami seperti diatas, siapa tahu bisa menjadi pilihan alternatif yang cukup aman jika kamu lagi males pergi ke dokter. Jangan lupa juga kamu untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur khususnya wortel yang kaya akan vitamin A, sebab ini penting untuk memberikan asupan nutrisi pada mata kamu. Selain itu, makan makanan yang sehat dapat memperkuat sistem imun (kekebalan tubuh) sehingga tubuh kita pun menjadi tidak mudah sakit. Jadi mulai sekarang perbaiki pola hidup kamu sembari memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat pada mata kamu. Hal ini juga tentunya dapat menunjang keberhasilan pengobatan yang dilakukan dengan cara mengobati sakit mata merah dan belekan secara alami dan tanpa obat-obatan.

Susu Murni


Susu murni bukan hanya menyehatkan saat diminum, tapi juga bermanfaat untuk mengatasi mata yang lagi sakit entah itu penyebabnya gara-gara alergi ataupun iritasi debu atau akibat hp. Bagaimana langkah-langkahnya?

Cukup gunakan kapas yang ditetesi susu murni dan kompreskan kapas tersebut pada area mata kamu yang lagi sakit. Kemudian tunggu beberapa saat dan lakukanlah secara rutin untuk mengurangi gejala sakit mata. Dan hentikanlah pemakaian tersebut disaat mata kamu itu mulai terasa kembali normal dan hampir pulih.

Mentimun


Apakah mentimun yang diiris dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada mata tentu bisa. Iris mentimun tipis dan letakkan irisannya itu pada mata kamu yang lagi sakit. Tahukah kamu, bahwa mentimun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan ini mengandung anti bakteri yang dapat membantu mengurangi gejala sakit mata.

Dan bukan hanya sekedar mengobati mata saja, mentimun juga dapat mengurangi kantung mata. Jadi sekali menggunakannya ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Mentimun dengan kesegarannya mampu membuat area sekitar mata kamu itu menjadi lebih tenang dan tentunya nyaman.

Khasiat Madu untuk Mata


Khasiat madu yang sangat beragam salah satunya dapat digunakan untuk menyembuhkan mata merah atau belekan dengan mudah dan tanpa obat. Gunakan madu murni untuk area mata yang belekan sehari tiga kali hingga mata sehat kembali.

Cara mengobati sakit mata dan belekan ini sangat mudah karena kamu tidak perlu membuat ramuan apapun, cukup dengan madu saja. Sebelum madu digunakan, ke area mata kamu yang akan diobati harus dibersihkan terlebih dahulu dengan mengusapnya menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dengan air hangat. dengan begitu kotoran bisa dihilangkan dan pengobatan mata kamu bisa lebih maksimal dan tentunya efektip. Pada saat menggunakan kapas, jangan berulang-ulang mengusapnya pada mata yang lagi sakit, melainkan 1 atau 2 kali usapan saja setiap satu kapas. Jika memang masih diperlukan untuk dibersihkan, gunakan kapas lainnya dan celup kembali dengan air hangat. Jika kapas yang kamu digunakan berkali-kali dapat membuat kotoran dapat menyebar ke area lain pada mata kamu.


Jus Kentang


Selain mentimun mengkompres mata dengan jus kentang juga dapat bermanfaat mengurangi rasa sakit dan gejala alergi. Yang pertama-tama kentang dicuci bersih terlebih dahulu kemudian dikupas dan diparut. Jika ingin yang lebih mudah gunakan blender karena memarut kentang cukup memakan waktu yang lama dan sangat membosankan.

Setelah halus, letakkan kentang di dalam kain halus dan bungkus. Gunakan bungkusan kentang halus tersebut untuk mengompres mata selama beberapa menit sekitar seperempat jam dan bersihkan area mata dengan air bersih.

Cara menyembuhkan sakit mata merah dan belekan dengan menggunakan kentang ini terbilang sangat mudah dan cukup sederhana. Namun, kalau menurut kamu membuatnya menjadi jus atau memarutnya masih terlalu ribet, cukup iris saja kentang tipis-tipis dan gunakan untuk mengompres mata seperti halnya kamu menggunakan mentimun.


.
.

Sekian dari kamu semoga artikel saya ini bermanfaat buat kamu dan jangan lupa kunjungi artikel saya yanga DI SINI

0 komentar

Posting Komentar