Tips Cara Mencegah Sakit Punggung Untuk Yang Suka Berkebun



Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang menawarkan banyak manfaat kesehatan dari segi fisik maupun mental. Namun, meski menawarkan banyak manfaat kesehatan, kebanyakan orang-orang sering mengeluhkan sakit punggung sehabis melakukan aktivitas yang satu ini. Menunduk berlama-lama untuk menggali, menyekop, menanam benih, serta menata tanaman memang dapat menyebabkan otot  kamu dan saraf di sekitar tulang belakang tegang sehingga rentan sakit punggung. Terus bagaimana cara efektif untuk mencegah sakit punggung ketika berkebun? Tentu kamu harus tau jawabannya dalam artikel saya ini, yang pertama harus kalian lakukan adalah dengan cara di bawah ini yaitu.

Melakukan pemanasan


Tahukah kamu jika berkebun merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik sama halnya dengan olahraga? Nah, itu sebabnya melakukan pemanasan otot sebelum berkebun merupakan langkah yang tepat untuk mencegah sakit punggung atau cedera otot. Cobalah melakukan beberapa gerakan peregangan otot sederhana untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung supaya sedikit lentur.

Kamu bisa melakuan pemanasan “Standing-Cat-Camel” sebagai peregangan punggung sebelum berkebun. Caranya:


  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, dan lutut agak menekuk sedikit.
  • Membungkuk ke depan, letakkan tangan Anda di atas lutut.
  • Cekungkan punggung kamu ke depan sehingga dada kamu itu akan menutup dan bahu kamu melengkung ke depan
  • Kemudian lakukan yang sebaliknya. Condongkan punggung kamu ke depan sehingga otot dada kamu itu meregang, dan putar bahu kamu ke belakang.
  • Ulangi beberapa kali.


Perhatikan posisi saat menyekop atau menggali tanah


Memperhatikan posisi dan postur tubuh saat menyekop atau pun menggali tanah dapat meminimalkan risiko otot tegang dan cedera punggung. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyeimbangkan berat tubuh kamu pada kedua kaki.

Caranya itu kamu cukup berdiri dengan punggung dan kepala tegak, serta kaki lurus. Kemudian, tempatkan salah satu kaki kamu di pijakan kaki yang sedikit lebih tinggi di atas kepala skop. Setelah itu, gunakan seluruh tubuh kamu untuk “menciduk” tanah lalu membuangnya ingat, kamu tidak disarankan hanya menggunakan kekuatan otot lengan saja.

Kalo bisa hindari memutar badan ke depan atau samping, terutama jika kamu sedang membungkuk dan membawa beban. Pasalnya, langkah tersebut justru akan meningkatkan risiko cedera tulang belakang ataupun punggung. Jadi, lebih baik kamu memutar dengan cara memindahkan kaki. Namun, pastikan pundak kamu itu selalu sejajar dengan pinggul.

Gunakan bangku saat menyirami tanaman


Menyirami tanaman merupakan salah satu aktivitas berkebun yang terbilang paling membosankan. Bahkan seringnya aktivitas ini yang paling sering membuat tulang belakang kamu itu kram atau tegang. Namun tenang, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan menggunakan bangku kecil untuk duduk, tapi jangan asal duduk. Perhatikan juga posisi duduk kamu. Pastikan kamu itu duduk tepat di atas tulang duduk kamu (Kamu akan tahu posisi duduk sudah pas atau belum ketika kamu merasakannya).

Aturan membawa atau mengangkat beban


Cedera saat mengangkat atau membawa barang yang berat menjadi penyebab utama terjadinya nyeri punggung, terutama jika kamu itu merasa bisa melakukannya tanpa bantuan alat atau orang lain. Itu sebabnya, pikirkan dengan baik sebelum kamu itu memutuskan membawa benda yang berat. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang terdekat atau carilah alat bantu untuk melakukannya. Berikut ini adalah beberapa metode atau cara yang bisa kamu bisa lakukan ketika ingin membawa ataupun mengangkat beban untuk mengurangi kemungkinan cedera.


  • Mengangkat beban dengan hanya membungkukkan badan dan kaki lurus dapat membahayakan punggung kamu. Nah, untuk memimalisir kemungkinan tersebut ada baiknya kamu itu membuka kaki selebar bahu, dengan salah satu kaki agak maju ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  • Lalu, tekuk sedikit lutut saat akan mengangkat benda yang berat. Topang berat benda dengan kedua kaki saat mengangkat benda.
  • Perlahan-lahan membungkuk dan sedikit menekuk lutut dan panggul. Bisakan tetaplah membungkuk dan kencangkan otot perut untuk menarik panggul anda ke dalam.
  • Jangan berdiri tegak sebelum mengangkat beban yang berat karena dapat mencederai punggung saat mengangkat benda ke atas.
  • Setalah itu, angkat kepala kamu begitu mengangkat benda di tangan. Fokuskan tatapan ke depan, bukan melihat ke barang yang sedang dibawa.


Pada dasarnya hal yang paling penting untuk mencegah sakit punggung saat berkebun adalah dengan mengetahui kemampuan tubuh kamu sendiri. Ini dapat dicapai dengan memastikan kekuatan diri sendiri dan beban yang nantinya akan dibawa atau digunakan. Buatlah perkiraan pribadi, apakah kamu bisa mengangkat benda tersebut sendiri atau harus meminta bantuan.

.
.

Sekian dari kami semoga artikel kami ini bermanfaat bagi kamu, dan jangan lupa kunjungi dan liat artikel kami yang lain, yang ada DI SINI

0 komentar

Posting Komentar