5 Langkah untuk Berhenti Merokok



Jika kamu memutuskan untuk berhenti merokok saat ini, kamu mungkin sudah berada di jalur yang tepat karena berhenti merokok dapat memperbaiki keadaan kesehatan kamu. Namun tidak dipungkiri berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang sebelumnya merupakan perokok berat. Meskipun sangat sulit, berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mustahil bagi kamu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memulainya.

Kenali apa yang memicu Anda untuk merokok


Keadaan seperti apakah yang menimbulkan keinginan kamu untuk merokok? Tentu dengan mengetahui kebiasaan apa yang memicu kamu untuk merokok, kamu dapat lebih mudah mengontrol keinginan kamu untuk merokok. Misalnya jika kamu itu merokok untuk menghilangkan stres, catatlah hal tersebut dan perkirakan bagaimana caranya untuk mengatasi stres kamu tanpa harus merokok. Atau apakah kamu terbiasa merokok setelah makan?

Menurut salah satu studi di US yang dikutip dari website NHS, beberapa makanan seperti misalnya daging, dapat membuat rokok menjadi lebih nikmat dan secara tidak langsung memicu kamu untuk ingin merokok. kamu bisa mengganti makanan kamu yang biasanya didominasi oleh daging menjadi lebih banyak sayur dan buah, hal tersebut dapat mengurangi keinginan kamu untuk merokok. Selain itu, kamu mungkin dapat mengubah kebiasaan kamu setelah makan. Jika kamu terbiasa langsung merokok, kamu dapat mencuci piring dan membereskan meja langsung setelah makan agar kamu teralihkan dari keinginan untuk merokok.

Buatlah target yang masuk akal


Adakah rencana untuk berhenti merokok yang bersifat personal, tergantung pada kepribadian kamu. Apakah akan lebih mudah bagi kamu jika kamu langsung berhenti untuk merokok? Atau kamu lebih memilih untuk pelan-pelan mengurangi jumlah rokok yang kamu isap dalam sehari? Jika kamu sudah menemukan rencana yang tepat, kamu harus berpegang pada rencana tersebut. Misalnya dalam satu minggu ke depan kamu akan mengurangi setengah jumlah rokok yang biasa kamu isap, maka hal tersebut harus benar-benar kamu lakukan.

Buatlah catatan mengapa Anda harus berhenti merokok


Setiap orang memiliki alasan kenapa ingin berhenti merokok. Ingin hidup yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit di masa depan? Melindungi keluarga kamu dari asap rokok? Atau ingin menjadi contoh yang baik bagi anak-anak kamu? kamu bisa membuat catatan alasan-alasan kamu dan letakkan di tempat yang mudah untuk kamu baca di kemudian hari. Jika suatu saat kamu tidak tahan dengan dorongan untuk merokok kembali, Anda bisa mengingat dan membaca lagi alasan kamu untuk berhenti merokok.

Mulailah aktif berolahraga


Mereka yang merokok biasanya kurang aktif secara fisik. Selain kurang bergerak dan kurang berolahraga, mereka yang merokok biasanya memiliki jumlah asupan kalori yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan non perokok. Seluruh aspek ini dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit lain di kemudian hari. Mulai berolahraga bisa menjadi salah satu kegiatan yang patut kamu masukkan ke dalam jadwal harian kamu. Selain dapat menjaga tubuh tetap sehat, berolahraga dapat membantu kamu berhenti merokok. Ketika kamu aktif secara fisik, otak kamu tentu akan memproduksi zat-zat penting yang bekerja dalam mengontrol keinginan kamu untuk merokok.

Beri tahu semua teman dan keluarga Anda


Kamu dapat meminta dukungan dari keluarga dan teman-teman kamu dalam upaya kamu untuk berhenti merokok. Jika anggota keluarga dan teman-teman kamu mengetahui bahwa kamu sedang mencoba untuk berhenti merokok, tentu mereka dapat mengingatkan kamu jika suatu hari keinginan untuk merokok itu muncul kembali.

Selain itu, memilih teman bergaul juga bisa membantu kamu berhenti merokok. Mengapa begitu? Tidak sedikit orang yang mulai merokok karena berada di lingkungan yang mayoritas juga perokok. Dalam usaha kamu berhenti merokok, lingkungan mungkin menjadi salah satu faktor pendukung yang penting. Jika kamu bergaul dengan sesama perokok, kemungkinan besar kamu akan kembali untuk menjadi peroko akan lebih tinggi. maka untuk itu cobalah bergabung dengan komunitas-komunitas yang anggotanya juga sedang berusaha berhenti merokok. Atau kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pencinta olahraga, dengan begitu selain menambah teman, kamu juga terpacu untuk rajin berolahraga.

Tentu berhenti merokok memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Dibutuhkan niat dan usaha yang besar juga disertai dengan dukungan dari lingkungan sekitar kamu.

.
.

Sekian dari kami Tips Hidup Sehat semoga artikel kami ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa juga kunjungi artikel kami yang lain yang ada DI SINI

0 komentar

Posting Komentar