Dari Postur Tubuh Ideal Hingga Seks yang Lebih Baik



Kalau kamu dilihat-lihat, yoga dan pilates bisa dikatakan hampir mirip. Tapi sebenarnya pilates itu adalah versi kontemporer dari yoga. Awal mula pilates itu dikembangkan sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran yang bernama Joseph Pilates, sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan otot tubuh.

Bagi Anda yang sedang cari-cari gym karena penasaran untuk menjajal pilates tapi masih ragu tentang manfaatnya, simak artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut tentang banyak manfaat pilates untuk tubuh.

 Menguatkan otot inti tubuh


Otot inti adalah serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Anggap saja otot inti Anda sebagai penghubung utama dari rantai penghubung tubuh bagian atas dan bawah, yang terlibat dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia.

Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, serta bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang Anda buat. kamu harus tahu cara melatih otot inti dengan benar dapat menggenjot kekuatannya. Memiliki torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti kamu.

Banyak orang-orang yang berpendapat bahwa melatih otot inti itu identik dengan program membentuk perut six-pack. Tapi kamu juga jangan salah, menguatkan otot inti menjadi salah satu manfaat pilates yang paling dicari.


Mengoreksi postur tubuh


Otot perut dan punggung yang kuat sangat penting untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti menggendong anak kecil dan membawa boks atau barang berat. Pilates mendukung inti tubuh kamu untuk menstabilkan koordinasi tubuh kamu, sehingga dapat menjaga postur tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

Pilates melatih otot-otot bagian punggung bawah, pinggul, perut, serta panggul kamu yang penjadi pusat gravitasi tubuh, agar dapat bekerja secara harmonis. dan terlebih penting lagi, menstabilkan inti tubuh lewat pilates juga mengurangi keausan tulang belakang kamu. Manfaat pilates ini memungkinkan Anda untuk menarik lebih banyak oksigen saat bernapas, yang memberikan Anda postur tubuh stabil dan baik, dan juga mengasah keterampilan motorik halus Anda. Keterampilan motorik yang tajam membuat Anda bisa sigap dalam bereaksi dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil, seperti saat di jalanan licin atau tanjakan tajam.

Postur tubuh yang baik membuat Anda tampak lebih tinggi dan ramping, yang pada akhirnya menggenjot kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

Mencegah dan mengurangi rasa sakit dari cedera


Kelamaan duduk dan minim olahraga melemahkan otot-otot bagian tengah tubuh Anda. Begitu otot inti tubuh melemah, salah bantal atau keseleo sedikit saja dapat menyebabkan Anda menderita nyeri berkepanjangan — belum lagi risiko nyeri kambuhan yang juga sama besarnya.

Pilates memanjangkan dan memperkuat otot kamu dan, meningkatkan elastisitas otot, dan meningkatkan mobilitas sendi-sendi pada bagian tubuh dengan kekuatan dan kelenturan yang seimbang akan lebih kebal dan/atau lebih cepat sembuh dari cedera.

Itu sebabnya banyak orang-orang dengan nyeri punggung bawah kronis memilih berlatih Pilates, dan telah terbukti sangat meningkatkan kesembuhan walau hanya mengikuti empat minggu sesi latihan (jika dibandingkan dengan mereka yang berkunjung ke dokter spesialis saja), ungkap sebuah studi terbitan Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy. dan terlebih lagi, rasa sakitnya itu benar-benar menghilang selama setahun penuh pasca-Pilates.


Menajamkan fokus


Pilates tampak sangat mudah dilakukan, tapi sebenarnya ini merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Pilates berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan napas yang membuat Anda jadi lebih berfokus pada setiap gerakan yang Anda buat. Ketajaman fokus ini membuat sangat tipis kemungkinannya untuk kamu bisa teledor dan mencelakai diri sendiri kamu sendiri.

Selain itu, ketika peneliti Cina mengukur perubahan dalam aktivitas otak perempuan setelah 10 minggu ikut senam Pilates, mereka menemukan adanya peningkatan daya puncak alpha otak, yang berhubungan dengan aktivitas saraf jaringan, kinerja memori, dan fungsi kognitif lainnya. Para peneliti percaya Pilates bahkan mungkin memiliki potensi sebagai pilihan terapi untuk orang-orang dengan penyakit otak degeneratif dan disfungsi kognitif.

Meningkatkan kualitas kehidupan seks


Sedikit banyak, pilates juga melibatkan gerakan yang mirip dengan senam Kegel untuk menguatkan otot dasar panggul Anda. Otot panggul yang kuat dapat memberikan Anda pengalaman orgasme yang lebih menakjubkan.

Selain itu, manfaat pilates juga untuk penguatan otot panggul tak hanya berakhir di tempat tidur saja. Jika Anda sedang mencoba hamil, otot dasar panggul dapat memudahkan Anda untuk mengejan melahirkan bayi saat persalinan nanti.

.
.

Sekian dari kami Tips Hidup Sehat semoga artikel kami ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa juga kunjungi artikel kami yang lain yang ada DI SINI

0 komentar

Posting Komentar